KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN DOA


KONSELING INDIVIDUAL

MENGGUNAKAN PENDEKATAN DOA

Tugas ini diajukan sebagai salah satu tugas Mata Kuliah Konseling Nabawi
Dosen Pengampu : Ahmad Fadhil, Lc., M.Hum.





  
Disusun oleh :
Nama : Ika Fitriyana
NIM : 161340052
Kelas : BKI 5.B


FAKULTAS DAKWAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN
TAHUN 2018






A.    Identitas Klien
Tempat konseling        : Rumah klien
Tanggal                       : 06 Oktober 2018
Pukul                           : 14:00 WIB

Nama                            : Andini Amaliyah Fitri
Tempat Tanggal Lahir  : Serang, 30 April 2000
Agama                          :  Islam
Hobi                              :  Berorganisasi
Cita-cita                        :  Guru/Translater
Alamat                          : Desa Sumuranja RT 17/07 kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Provinsi Banten 42455.
Pendidikan Formal       : - TK Al-Hidayah Sumuranja
-    SD Negeri Sumuranja 2
-    MTs Negeri 5 Serang
-    SMA Negeri 3 Kota Serang
-    UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Motto Hidup                : Jangan katakan apa yang tidak ketahui, tetapi ketahui apa yang kita katakan.
           
B.     Latar Belakang Keluarga
Andini merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Adiknya yang pertama bernama Muhammad Ardan berusia 9 tahun, duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 3. Dan yang kedua bernama Azmi Ardiansyah masih berusia 3 tahun. Ayahnya bernama Rohman berprofesi sebagai Wiraswasta dan Ibunya bernama Fitrotul Islamiyah berprofesi sebagai Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Serang. 
Kedua orangtuanya sudah lama berpisah. Sekarang Andini dan kedua adiknya tinggal bersama ibunya. Pola asuh yang diberikan ibunya sangatlah baik. Ibunya mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Ibunya selalu mengikuti kemauan anaknya, selalu mensuport anaknya dalam setiap apapun. Ibunya berperan ganda menjadi ibu sekaligus menjadi ayah untuk anak-anaknya. Peran ibu disini sangatlah baik.  
Andini sekarang duduk di bangku kuliah di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten semester 1 di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah. Ia pun memiliki kesibukan lain yakni menjadi pembimbing pramuka di MTs Negeri 5 Serang dan SMA Negeri 1 Puloampel.

C.    Diagnosa Masalah
Tempat konseling        : Rumah klien
Tanggal                       : 13 Oktober 2018
Pukul                           : 14:30 WIB
       Setelah bertemu dengan klien, permasalahan yang sedang dihadapinya adalah tentang ketidaknyamanan berkuliah saat ini. Klien bercerita bahwa ia ingin sekali kuliah di kampus impiannya yaitu Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung  jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Namun keinginannya tersebut tidak dapat terpenuhi karena ia tidak diterima di kampus tersebut. Dia sudah mencoba mendaftar ke kampus tersebut melalui beberapa jalur tetapi hasilnya tidak ada yang diterima, hingga akhirnya ia pun berfikir daripada ia tidak kuliah lebih baik ia mencoba untuk daftar di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini dan ternyata diterima. Tetapi, ia tidak bisa maksimal dalam menjalankan perkuliahan di kampus tersebut karena itu bukan pilihan pertamanya. Dalam diri klien, ia masih merasa kecewa kepada dirinya sendiri karena ia tidak dapat berkuliah di kampus impiannya tersebut. Sampai akhirnya ia bermalas-malasan ketika menjalani perkuliahannya saat ini.

D.    Treatment
Tempat konseling        : Rumah klien
Tanggal                       : 13 Oktober 2018
Pukul                           : 15:30 WIB
           Treatment yang saya lakukan kepada klien adalah dengan menggunakan pendekatan Teori Gestalt yaitu dengan cara merubah persepsi klien agar tidak berlarut-larut memikirkan kampus impiannya tersebut. Karena pada dasarnya kuliah dimana pun itu jika kita bersungguh-sungguh hasilnya pun akan maksimal. Selain itu saya pun memberikan motivasi kepada klien agar ia lebih bersemangat lagi menjalankan perkuliahannya saat ini. Karena kita sebagai manusia hanya bisa merencanakan dan Allah SWT yang menentukan mana yang terbaik untuk kita selaku hamba-Nya. Boleh jadi diterimanya di kampus yang sekarang akan menjadikan ia lebih sukses untuk kedepannya. Rencanya Allah jauh lebih indah daripada rencana hamba-Nya. Selain itu saya juga menyarankan untuk mengikuti organisasi yang ada dikampus, seperti pramuka karena ia sangat gemar dengan organisasi pramuka. Agar ia lebih betah dikampus yang saat ini dan saya juga menyarankan untuk rutin melakukan sholat dhuha agar ia diberikan ketenangan hati dalam menerima ketetapan yang telah Allah berikan. 
          Setelah itu saya pun memberikan amalan doa khusus agar ia bisa lebih semangat lagi dalam menjalankan perkuliahan kedepannya dan menerima jalan yang Allah berikan kepadanya saat ini. Adapun amalan doa yang saya berikan kepada klien yaitu terdapat pada Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 216.

           
          Saya menyarankan kepada ia agar membaca amalan doa tersebut rutin setelah sholat fardhu dan setelah sholat dhuha selama 2 minggu. Mulai dari tanggal 15 Oktober 2018 sampai tanggal 29 Oktober 2018. Dan setiap hari Sabtu saya mengadakan pertemuan untuk melihat perkembangan pada klien.

E.     Evaluasi
Tempat konseling        : Rumah klien
Tanggal                       : 03 November 2018
Pukul                           : 16:00 WIB 
          Setelah saya melakukan konseling kepada klien dan menyarankan untuk mengamalkan amalan doa yang telah saya berikan dengan waktu 2 minggu, perkembangan klien pun semakin baik. Ia sudah merasa nyaman dengan perkuliahan yang sedang ia jalani sekarang dan  bisa lebih mengikhlaskan keinginannya tersebut untuk berkuliah dikampus impiannya. Dan sekarang klien sudah tidak bermalas-malasan lagi ketika  berkuliah. Selain itu ia juga sudah mengikuti saran saya untuk mengikuti organisasi pramuka yang ada dikampus karena itu bisa menjadi jalan ia untuk lebih betah dikampus yang sekarang. Ia juga mulai berpikir bahwa semua kampus sama saja tergantung dari niat dan usaha individunya itu sendiri.

F.      Terminasi 
Tempat konseling       : Rumah Klien
Tanggal                      : 10 November 2018
Pukul                         : 16:00 WIB
       Pada tahap akhir konseling saya membuat kesepakatan untuk mengakhiri kegiatan konseling karena klien sudah merasa ada perubahan yang terjadi pada diri klien sehingga tidak perlu ada tindak lanjut dari kegiatan konseling ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEBIASAAN MEMBACA DOA HARIAN

Biografi Al-Farabi